Info News, Perawatan
Mar26

Tips untuk Merawat Vespa supaya Tetap Prima

Tips untuk Merawat Vespa supaya Tetap Prima

“Vespa emang tidak ada matinya!” Itulah sebuah seruan yang biasa telah terlontar dari para penggemar dari kendaraan untuk yang satu ini. Ya, Vespa, khususnya Vespa yang lawas (2 tak), memang tidak pernah lekang ditelan oleh waktu; walaupun klasik masih banyak orang yang masih menggunakannya.

novri-tips-rawat-vespa-01

Nah, bagi Anda yang telah memiliki Vespa dan ingin agar Vespa Anda tersebut masih tetap prima, berikut ini adalah beberapa tips cara untuk merawat Vespa dari kami, salah satu anggota komunitas Indonesia Berskuter:

Jaga kondisi dari kabel persneling

Pahamilah bahwa Vespa Anda adalah termasuk motor lawas, oleh karena itu Anda juga harus benar-benar untuk lebih memperhatikan akan kondisi dan beberapa sparepart-nya, salah satunya adalah kabel persneling. Perhatikan dari kabelnya, jangan sampai kabel tersebut kendor, karena kalau kendor akan dapat membuat Anda akan lebih sulit untuk dapat berpindah ke transmisi.

Perhatikan juga kondisi busi

Busi adalah merupakan salah satu komponen yang sangat terpenting pada Vespa. Anda mungkin sering telah menemukan pemilik Vespa yang di mana seringkali telah bergonta-ganti busi. Hal ini bisa saja terjadi, karena dalam pemilihan oli samping yang tidak pas dan serta kombinasi dengan bahan bakar juga kurang begitu tepat. Jadi, coba sering-seringlah untuk memeriksa busi, lalu bersihkan busi dari kerak dengan menggunakan sebuah amplas dan serta sedikit bensin.

Merawat karburator

Perhatikan pula dari kondisi kaburator, dan bersihkan karburator dari kotoran yang telah menyumbat. Lalu Semprotkan udara yang bertekanan (compressor) pada spuyer serta komponen yang lainya.

Merawat bodi

Bodi Vespa tentu telah menjadi salah satu bagian yang paling terpenting, karena banyak orang yang telah ‘kepincut’ dengan Vespa karena bodinya yang terlihat unik dan serta klasik. Untuk itu, sudah sewajarnya Anda untuk merawat bodi vespa dengan seksama.

Jangan biarkan bodi Vespa Anda tersebut dalam keadaan kotor dengan terlalu lama. Ini disebabkan bodi Vespa yang terbuat dari plat atau besi, jadi akan mudah berkarat jika terlalu lama anda biarkan kotor. Perhatikan pula pada bagian bawah atau kolong vespa kalian , karena bagian ini pada biasanya jadi bagian yang paling kotor di motor tersebut.

Tidak lupa, untuk hasil yang lebih prima, sebaiknya Anda juga untuk memoles motor Vespa Anda setidaknya untuk tiap 3 bulan sekali.

  • SHARE!

Author: 

author

Related Posts