Sejarah Vespa
Mar15

sejarah vespa masuk ke negara Indonesia

sejarah vespa masuk ke negara Indonesia

Seperti yang telah kita ketahui bersama, perang yang telah berkecamuk di benua Afrika dalam dekade tahun 1960?an yang di mana telah memberikan dampak yang cukup irasional terhadap popularitas Vespa khususnya di dalam tanah air tercinta ini. Sebagai dari bagian kepedulian Bangsa Indonesia terhadap perdamaian di dunia, maka setelah berakhirnya Perang Congo (negara ini telah beberapa kali berganti nama Congo, dan Zaire, Congo) dan pada tanggal 31 Juli 1960 PBB telah mendaulat Republik Indonesia untuk dapat mengirimkan pasukannya guna untuk menjadi bagian dari pasukan penjaga sebuah perdamaian di Negara Congo. Wujud dari kepedulian yang cukup tinggi atas perdamaian dimuka bumi, Bangsa Indonesia telah mengutus pasukan yang terbaiknya ke Congo dengan sandi Pasukan Garuda Indonesia dengan melalui beberapa kali pendaratan.
vespa bekas
Setelah tugas sebagai pasukan penjaga perdamaian telah diselesaikan, Pasukan Garuda Indonesia telah menerima tanda penghargaan dari Pemerintahan Republik Indonesia, dimana salah satunya adalah berupa Vespa (dari beberapa sumber juga telah mengatakan bahwa dalam pemberian tersebut juga ada yang telah berbentuk uang dan serta beberapa peti jarum jahit).

Menarik untuk disimak bahwa penghargaan dari Vespa tersebut juga tak terlepas dari sebuah tradisi di dalam dunia kemiliteran. Beberapa sumber juga telah mengatakan bahwa untuk Vespa yang telah berwarna hijau 150 cc telah ditujukan bagi tentara yang lebih tinggi tingkat kepangkatannya, dan sementara yang memiliki warna kuning dan serta biru 125 cc untuk tingkat kepangkatan yang lebih rendah.

Setelah itu makasaat tahun-tahun tersebut ramailah motor Vespa dengan sebutan Vespa Congo yang sering berseliweran di jalan-jalan, sebuah Vespa baru yang telah menambah tipe Vespa yang sebelumnya telah hadir. Kondisi ini ternyata juga telah dapat memberikan dampak yang sangat positif bagi penjualan Vespa di dalam tanah air saat itu. Vespa Congo yang telah berbentuk bulat telah dapat memberikan sebuah konstribusi berupa iklan gratis bagi importir Vespa di Indonesia.

Jadi kalian jangan heran jika pada saat ini generasi sebelum kita telah menyebut Vespa bulat dengan sebutan Vespa Congo, walaupun Vespa yang telah dimaksud sesungguhnya iaah Vespa keluaran tahun 1962

Dengan kondisi tersebut di atas maka Vespa Congo sendiri telah mulai masuk daftar sebagai salah satu The Most Wanted Vespa in Indonesia, yang di mana telah dijadikan sebuah tunggangan scooteris maupun untuk sebagai barang koleksi bagi para kolektor Vespa.

  • SHARE!

Author: 

author

Related Posts